Jajanan Khas Bali “Laklak Men Gabrug”

Laklak-Men-Gabrug

Pulau Bali menyimpan sejuta pesona keindahan, baik keindahan alam maupun budayanya yang menjadi daya tarik para wisatawan mancanegara maupun domestik berlibur ke pulau yang dikenal dengan nama pulau seribu Pura atau pulau Dewata.

Selain keindahan alam dan budaya, pulau Bali juga memiliki berbagai macam makanan khas Bali yang dapat anda coba untuk wisata kuliner apabila sedang berlibur ke pulau Bali.

Berbagai penganan khas Bali dapat anda coba di beberapa tempat yang tersebar di pulau Bali, biasanya penganan khas Bali kebanyakan di jual di pasar-pasar tradisional.

Penganan Khas Bali Yang Terkenal

Penganan khas Bali yang sangat terkenal di kalangan orang Bali seperti:

1. Serombotan

Hidangan Serombotan akan banyak anda jumpai di kabupaten Klungkung dan identik dengan nama Serombotan Klungkung. Klungkung adalah sebuah kabupaten di Bali yang berada di bagian tenggara pulau Bali.

Serombotan merupakan makanan sehat nan lezat yang dibuat dari beberapa jenis sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, buncis dan beberapa kacang-kacangan yang ditambah dengan sambal berbahan kelapa parut dan sambal kacang yang rasanya lumayan pedas.

2. Nasi Languan

Hidangan nasi languan akan banyak anda jumpai di seputaran jalan Ida Bgus Matra, dan yang paling terkenal adanya di desa Pesinggahan, kabupaten Klungkung.

Nasi languan merupakan hidangan laut yang biasanya terdiri dari nasi putih, sate laut, kuah ikan laut, sambal matah (sambal dari irisan bawang, cabe, garam dan disiram minyak kelapa), sayuran kacang panjang dan kacang tanah goreng, rasanya sudah dijamin mantap bagi penyuka hidangan laut.

3. Jaje Laklak

Jajanan Laklak hampir mirip dengan kue serabi yang ada di Pulau Jawa. Jaje adalah bahasa Bali yang berarti kue atau jajanan.

Jajanan laklak bisa anda dapatkan di setiap kabupaten yang ada di Bali, biasanya jajanan laklak dijual di pasar tradisional dengan beberapa tambahan jajanan khas Bali lainnya seperti:

  • Jajanan lempog (dibuat dari ketela kukus yang ditumbuk ditambah sedikit garam dan parutan kelapa).
  • Jajanan batun salak (dibuat dari tepung ketan ditambah gula aren).
  • Jajanan injin (dibuat dari beras injin hitam yang dikukus).
  • Jajanan giling – giling (dibuat dari tepung kanji kemudian dibentuk kecil – kecil dan direbus).

Penganan Kue Bali yang lain seperti batun salak, lempog, laklak giling – giling sangat pas dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

Penganan-Khas-Bali

Lain halnya dengan penganan laklak yang di jajakan di festival Pesta Kesenian Bali (PKB) sejak 3 tahun yang lalu, jajanan laklak di kemas secara apik dan modern oleh Ibu paruh baya bernama men Gabrug, yang berasal dari kabupaten Buleleng.

Penganan laklak Men Gabrug sangat berbeda dengan penganan yang lainya yang dijual di PKB, karena Men Gabrug langsung membuat di lapaknya sehingga laklak Men Gabrug disebut laklak fresh from the oven.

Ternyata jajanan tradisonal Bali ini mendapat respon yang sangat banyak dari para pengunjung PKB, ini terbukti dari banyaknya pembeli yang sampai mengatre untuk dapat menikmatinya.

Laklak Men Gabrug mendapat lokasi yang sangat strategis berada di depan gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar, sehingga setiap pengunjung PKB pasti dapat melihat dan tertarik untuk mencoba jaje laklak Men Gabrug.

Keunikan dari stand laklak Men Gabrug ini ada pada proses pembuatan. Penganan jaje laklak Men Gabrug dibuat langsung dengan mengunakan tungku tradisional dari batu bata dengan bahan bakar menggunakan kayu kopi dan cetakan loyang jajanan laklak menggunakan cetakan yang berbahan dari tanah liat.

Menurut Men Gabrug rasa laklak akan sangat berpengaruh dari alat masak yang digunakan, tentunya bahan yang dipakai juga sangat mempengaruhi kualitas rasa dari jajanan laklak.

Bahan adoanan dari jajanan laklak antara lain tepung beras, santan,garam, air daun suji dan air daun pandan. Setelah matang diatasnya ditaburi parutan kelapa dan gula aren yang sudah direbus dengan sedikit air.

Men Gabrug bisa menghabiskan adonan laklak 25-30 kg dalam sehari selama pesta kesenian Bali berlangsung, ini membuktikan penganan tradisional jajanan laklak masih eksis sampai sekarang ditengah persaingan penganan modern yang dijual di beberapa tempat di Bali.

https://i2.wp.com/www.water-sport-bali.com/wp-content/uploads/2015/03/Jajanan-Tradisional-Bali-Murah-Bersih.jpg

Berapakah harga per porsi penganan khas Bali yang satu ini? Tentu menjadi pertanyaan bagi anda yang ingi mencobanya. Jaje laklak Men Gabrug dijual per porsinya seharga Rp. 5.000 berisi 5 biji jajanan laklak yang dihidangkan dengan mengunakan ingke (piring dari ulatan rotan) beralaskan daun pisang.

Jajanan laklak Men Gabrug tidak hanya dapat anda temui di saat berlangsungnya pesta kesenian Bali saja. Penganan yang satu ini sudah buka cabang di Jalan Nusa Indah No.69 Denpasar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s